en id

PT ANGKASA PURA I CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL PATTIMURA AMBON LAKSANAKAN AIRPORT SECURITY COMMITTEE (ASC) DAN SOSIALISASI PENANGGULANGAN NARKOBA DARI BNN PROVINSI MALUKU DAN POLDA MALUKU TAHUN 2022

24 Feb 2022

kembali ke list


PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon melaksanakan kegiatan Airport Security Committee (ASC) Meeting Ke – 1 dengan tema Lingkungan Bandar Udara Bersinar (Bersih Tanpa Narkoba). Kegiatan Airport Security Committee (ASC) itu sendiri merupakan wadah penyampaian informasi antar anggota komite terhadap ketentuan dan prosedur keamanan di Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, serta sebagai wujud bentuk koordinasi, memberi saran dan masukan kepada badan usaha bandar udara tentang hal-hal yang terkait dengan keamanan penerbangan dan pelaksanaan program keamanan bandar udara.

Selanjutnya, Airport Security Committee (ASC) Meeting Ke – 1 ini bertujuan sebagai upaya mewujudkan budaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, peredaran gelap dan prekusor narkotika di lingkungan Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon serta menanamkan kesadaran pentingnya safety, security, service, compliance dan healty dalam operasional bandara. Kegiatan Meeting ini diantaranya dihadiri oleh Kepala BNN Provinsi Maluku, Plt. Kadisop Lanud Pattimura, Kabag Bin Ops Ditresnarkoba Polda Maluku, Kepala Kantor Karantina Pertanian Kelas I Ambon, Kepala Seksi P2 Kepala Kantor Pengawasan & Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Ambon, Perwakilan Kantor Imigrasi Kelas I Ambon, Perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Ambon, Perwakilan Perum LPPNPI Cabang Ambon, Perwakilan Balai KIPM Ambon, Perwakilan BMKG Bandara Pattimura Ambon, Kapolsek Kawasan Bandara Pattimura, Kepala DPPU Pertamina Bandara Pattimura – Ambon, Para Pimpinan Airlines dan Ground Handling, Para Pimpinan Cabang Anak Perusahaan PT Angkasa Pura I.

Dalam Meeting dimaksud, PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon bekerjasama dengan BNN Provinsi Maluku dan Kepolisian Daerah Maluku, menyelenggarakan sosialisasi dan diskusi terkait penanggulangan narkoba kepada Stakeholder bandara. Kegiatan sosialisasi dimulai dengan penyampaian materi dan penyuluhan penanggulangan narkoba dari Kepala BNN Provinsi Maluku, Bapak Brigadir Jenderal Drs. Rohmad Nurhasid, Msi, yang dilanjutkan dengan sesi diskusi serta tanya jawab. Berdasarkan hasil sosialisasi dan diskusi, PT Angkasa Pura I akan semakin meningkatkan kerja sama yang telah terjalin dengan BNN Provinsi Maluku, Kepolisian Sektor Kawasan Bandara Pattimura serta Kantor Pengawasan & Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Ambon. Kerjasama dimaksud akan dilaksanakan diantaranya dalam bentuk pelatihan-pelatihan peningkatan kompetensi untuk mendeteksi dan mengidentifikasi narkoba bagi personil Aviation Security PT Angkasa Pura I.

Menjelang penutupan kegiatan Airport Security Committee (ASC) Meeting Ke – 1, dilaksanakan kegiatan Random Check Urine dan Air Liur (Rapid Test Narkoba) kepada Peserta Rapat/Perwakilan Stakeholder Bandar Udara Internasional Pattimura-Ambon, yang hasilnya secara keseluruhan negatif (bebas dari narkoba).

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut, merupakan salah satu bentuk komitmen nyata dari PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon dalam mendukung upaya penanggulangan narkoba di Provinsi Maluku serta sebagai bentuk penanggulangan sehingga kasus oknum pegawai PT Angkasa Pura Suport berinisial MST yang bertugas sebagai tenaga outsourcing di bandara tidak terulang.

“Saya mewakili manajemen menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para anggota komite yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini. Dengan dicanangkannya kegiatan ini, menjadi semangat dan motivasi kita semua untuk berbuat yang terbaik dalam pelaksanaan tugas melayani pengguna jasa kebandarudaraan dalam kaitannya dengan operasional penerbangan” ujar General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, Pribadi Maulana.