en id

BANDARA PATTIMURA MENGURANGI PENGUMUMAN UNTUK BOARDING CALL

01 Oct 2014

kembali ke list


Selain Garuda Indonesia melakukan pemisahan passenger service charge (PSC) atau airport tax dari harga tiket pada tanggal 1 Oktober 2014, Bandara Internasional Pattimura Ambon juga memberlakukan pengurangan pengumuman untuk naik pesawat udara / boarding call.

Para penumpang agar memperhatikan waktu keberangkatan pesawat yang tertera pada boarding pass dan layar monitor. Program baru ini diberlakukan guna meningkatkan kenyamanan para penumpang pesawat udara.

Silent Airport atau bandar udara tanpa kebisingan merupakan konsep yang mengubah pola announcement yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kebisingan‎ akibat banyaknya pengumuman yang disiarkan di terminal bandara. Penerapan pola Silent Aiport dilingkungan Bandara Internasional Pattimura Ambon ini bertujuan untuk menciptakan suasana‎ nyaman bagi pengguna jasa penerbangan diarea terminal bandara. Sebenarnya konsep Silent Airport sendiri sudah merupakan standar pemberian layanan pengumuman di bandar udara internasional di dunia. Dalam prakteknya, Silent Airport tidak berarti meniadakan pengumuman sama sekali, akan tetapi akan dikurangi intensitas pengumuman. Kalau biasanya setiap penerbangan ada 6 kali pengumuman dengan dua bahasa, Inggris dan Indonesia, maka dengan penerapan Silent Airport ini nantinya hanya akan ada 3 pengumuman, yaitu boarding call, panggilan terakhir untuk penumpang yang belum masuk ke pesawat, dan pengumuman umum seperti jika terjadi penundaan keberangkatan.

Semoga dengan diterapkannya pengurangan pengumuman di Bandara Internasional Pattimura Ambon, pengguna jasa penerbangan lebih nyaman di terminal bandara. Bagi pengunjung yang akan menjemput keluarga atau relasi jangan menunggu pengumuman pesawat mendarat akan tetapi dengan melihat flight information display system (FIDS).