en id

Berita

> Menuju Publikasi
Informasi Menu
Berita

Aircarft Recovery Exercise Airport Rescue Fire Fighting 2020 PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Pattimura

21 Oct 2020

kembali ke list


Ambon, 21 Oktober 2020 – Dalam meningkatkan pelayanan terutama terhadap kelangsungan operasional Bandara jika terjadi kecelakaan pesawat udara, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Pattimura Ambon menyelenggarakan kegiatan "Aircarft Recovery Exercise" di Gedung PKP-PK Bandar Udara Pattimura Ambon.  Acara kegiatan ini mengacu kepada undang-undang No 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan, PM.128 Tahun 2015 Tentang Petunjuk dan tata cara peraturan keselamatan penerbangan sipil 139-13 (Advisory Circural CASR Part 139 Vo.13) Lisensi dan Standar Kompetensi Personal Salvage dan Keputusan Direksi Nomor SKEP.123/OB.01/2016/PD-B Tentang Pembentukan Tim Pemindahan Pesawat Udara Yang Rusak Di Daerah Pergerakan Pesawat Udara Di Bandar Udara Yang Dikelola PT. Angkasa Pura I (Persero). 

Kegiatan " Aircarft Recovery Exercise " dibuka secara langsung oleh General Manager Bandar Udara Pattimura Ambon dan di ikuti oleh seluruh  personil Airport Rescue & Fire Fighting. “ Agar para personil ARRF mengikuti pelatihan ini dengan serius dan dapat meningkatkan kompentensi agar dapat benar-benar terampil dalam pelaksanaanya. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan proses pemindahan pesawat udara dapat berjalan dengan cepat, tepat, dan tanpa menimbulkan kerusakan yang lebih parah akibat pemindahan pesawat udara (secondary damage) dan kelangsungan pelayanan operasional bandar udara dapat dipulihkan secepatnya dan dalam pelaksaan di lapangan agar personil dari Tim Salvage selalu mengedepankan safety, checklist dan dokumentasi dalam proses pemindahan pesawat udara yang mengalami kecelakaan.” Kata Pribadi Maulana.

Kesimpulan pada pertemuaan ini sebagai berikut : kegiatan yang dilaksanakan 2 kali dalam setahun, guna memberikan penyegaran pengetahuan mengenai Aircraft Recovery Exercise pada Tim Salvage dan seluruh personil ARFF serta menguji kemampuan Tim Salvage sebagai dasar evaluasi untuk pengembangan yang lebih baik. Kegiatan Aircarft Recovery Exercise berjalan dengan lancar dan terkendali. [JM]